Acara Pidana

Pembuktian pada Hukum Acara Pidana

ilustrasi google

by : Rendra Topan

Pembuktian merupakan salah satu tahapan yang mempunyai peranan penting dalam jalan suatu proses peradilan. Terdapat beberapa sistem pembuktian dalam hukum pidana, yaitu :

  1. Sistem Conviction in Time, adalah metode menentukan salah tidaknya terdakwa semata-mata berdasarkan keyakinan hakim.
  2. Sistem Conviction Raisonee, adalah metode dimana  keyakinan hakim dibatasi oleh adanya alasan-alasan yang mendukung hal tersebut.
  3. Pembuktian menurut undang-undang secara positif, adalah metode menentukan salah atau tidaknya terdakwa hanya berdasarkan alat bukti yang sah.
  4. Pembuktian menurut undang-undang secara negatif, adalah metode yang menggabungkan  secara komprehensif antara keyakinan hakim dengan pembuktian menurut undang-undang secara positf.

Sistem hukum Indonesia menganut sistem pembuktian menurut undang-undang secara negatif. Sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Acara Pidana Pasal 184 ayat (1) yang merupakan alat bukti yang sah yaitu : keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk, dan keterangan terdakwa dan dalam Pasal 183 KUHAP disebutkan bahwa hakim tidak boleh menjatuhkan pidana pada seseorang kecuali apabila dengan sekurang-kurangnya dua alat bukti yang sah ia memperoleh keyakinan bahwa suatu tindak pidana benar-benar terjadi dan terdakwalah yang bersalah melakukannya.

Selanjutnya dalam Pasal 197 ayat (1) huruf (d) menyebutkan, surat putusan pemidanaan hendaknya memuat pertimbangan yang disusun secara ringkas mengenai fakta dan keadaan beserta alat pembuktian yang diperoleh dari pemeriksaan di sidang yang menjadi dasar penentuan terdakwa. Pada ayat (2) nya menyatakan bahwa apabila ketentuan yang tersebut pada ayat (1) maka putusan tersebut batal demi hukum. (RenTo) (180818)

Artikel Terkait

Advertisements

Categories: Acara Pidana

Tagged as:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.