Keterangan Terdakwa

ilustrasi google

  By : Rendra Topan 

Keterangan terdakwa merupakan tahapan terakhir dalam proses pembuktian di sidang peradilan perkara pidana. Mengenai keterangan terdakwa diatur dalam Pasal 189 ayat (1) KUHAP, bahwa yang dimaksud dengan keterangan terdakwa adalah apa yang terdakwa nyatakan di sidang tentang perbuatan yang ia lakukan atau yang ia ketahui sendiri atau yang ia alami sendiri. Kemudian pada Pasal 189 ayat (2) menyebutkan bahwa keterangan terdakwa yang diberikan di luar sidang dapat digunakan untuk membantu menemukan bukti sidang, asalkan keterangan itu didukung oleh suatu alat bukti yang sah sepanjang mengenai hal yang didakwakan kepadanya.

Selanjutnya dalam Pasal 189 (3) KUHAP disebutkan bahwa keterangan terdakwa hanya dapat digunakan untuk dirinya sendiri dan ayat (4) nya menyebutkan keterangan terdakwa saja tidak cukup untuk membuktikan bahwa dia bersalah melakukan perbuatan yang didakwakan kepadanya, melainkan harus disertai dengan alat bukti yang lain.

Semua keterangan yang disampaikan oleh terdakwa baru dapat dikatakan sebagai alat bukti yang sah apabila keterangan tersebut dinyatakan di dalam persidangan dan perbuatan itu dia lakukan atau yang dia ketahui sendiri atau yang dia alami sendiri. Hal ini sudah merupakan azas hukum acara pidana, dan hakim bebas untuk menentukan apakah keterangan terdakwa dapat digunakan sebagai salah satu dasar pertimbangan sesuai atau tidak sesuai menurut keyakinan hakim. (RenTo) (230818)

Artikel Terkait

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.