Skip to content

Pengetahuan Dasar Tentang Website Bagi Pemula Menuju Industri 4.0

Doa kami bagi para pembaca yang budiman:

اسّلام عليكم ورحمة اللّه وبركا ته

Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu.

Hukum Positif Indonesia-

Teknologi yang setiap waktu terus berkembang terutama dalam bidang informasi membuat manusia hanya memerlukan sebuah personal computer, laptop, maupun mobile phone untuk mendapatkan informasi mutakhir tentang banyak hal seperti berita, olahraga, bahkan sampai informasi kebutuhan belanja harian.

Semua itu disebabkan karena kemajuan media teknologi informasi yang biasa kita kenal dengan sebutan website.

Sesuai dengan himbauan pemerintah untuk menghadapi revolusi industri 4.0, ada baik kita mempunyai pengetahuan dasar tentang website, yang nantinya dapat kita kembangkan berdasarkan minat dan bakat kita masing-masing, seperti materi pembelajaran secara online atau toko online.

Apa itu website?

Website adalah sebuah tampilan informasi yang dapat dilihat atau diakses melalui komputer dan perangkat komunikasi lainnya, berisikan tentang banyak hal yang diinginkan oleh pengakses melalui jaringan internet.

Contoh: saat ini anda sedang mengakses informasi dari website tentang Hukum Positif Indonesia.

Bagaimana membuat website?

Untuk membuat sebuah website cukup sederhana, yang diperlukan adalah sebuah hosting dan domain. Mungkin anda masih bingung dengan istilah hosting dan domain.

Setelah mempunyai domain dan hosting, tidak lupa website juga harus dilengkapi dengan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS), yang berguna sebagai pengaman bagi website.

Lebih jelasnya diuriakan secara garis besar di bawah ini, menegnai hosting, domain, dan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).

Hosting dan Domain

Hosting itu ibarat sebuah rumah, tentunya kalau rumah harus ada alamatnya, nah alamat ini lah yang dinamakan domain.

Jadi kalau ingin membuat website diperlukan sebuah rumah (hosting) dan alamat rumahnya (domain).

Saat ini banyak tersedia jasa hosting baik yang free alias gratis maupun berbayar, seperti artikel yang sedang anda baca ini menggunakan hosting wordpress.

Berbeda dengan hosting, domain yang gratis tetap ada namun tidak dapat dibuat seperti keinginan kita. Sebaiknya menggunakan domain yang berbayar kalau ingin menggunakan domain sesuai dengan selera atau keinginan kita, agar mudah dikenal dan diingat oleh para pengunjung website, contohnya adalah artikel ini berada pada domain rendratopan.com, dengan kata lain domain rendratopan.com menggunakan hosting wordpress.

Di sekitar kita terdapat banyak hosting-hosting lainnya yang menyediakan jasa untuk pembuatan website, seperti domainesia.com.

Anda dapat memilih, semuanya tergantung tingkat kebutuhan anda terhadap sebuah website yang anda kelola nantinya.

Pemilihan Hosting

Dalam membuat sebuah website anda harus memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan anda. Dengan demikian anda tentunya harus memilih hosting yang sesuai dengan tingkat kebutuhan anda.

Kebutuhan yang dimaksud antara lain keamanan website, kemudahan dalam penggunaan dan pengelolaannya, pelayanan dari penyedia hosting itu sendiri, dan lain-lain.

Pemilihan Domain

Pada domain terdapat extension antara lain; .com, .co, .id dan lain-lain.

Domain dapat kita tentukan sendiri sesuai dengan keinginan kita dengan membayar iuran setiap tahunnya dalam jumlah tertentu, contohnya adalah rendratopan.com yang menggunakan nama pribadi saya dengan menggunakan extension .com.

Anda juga dapat membuat domain sesuai dengan keinginan anda baik berdasarkan nama, kegiatan bisnis anda, atau lain sebagainya yang disesuaikan dengan tujuan dari sebuah website.

Berdasarkan pengalaman sebaiknya anda menggunakan satu paket antara domain dan hosting yang berbayar, hal ini penting untuk keamanan website dan tidak merepotkan dalam mengelola website nantinya.

Kenapa demikan? Karena website yang anda telah buat atau anda kelola, seiring dengan berjalannya waktu akan berkembang dengan bertambahnya pengunjung dan materi atau isi (content) di website anda, sehingga memungkinkan terjadinya hal-hal yang akan mengganggu aktivitas dan kinerja website anda.

Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS)

Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) merupakan pengaman bagi sebuah website dari kejadian-kejadian yang tidak dinginkan oleh pemilik website.

Kegunaan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS)

Kegunaan atau manfaat Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) antara lain:

  • untuk mengamnkan informasi yang bersifat sensitif, seperti: data pribadi, pembayaran atau informasi log in pada saat proses transmisi.
  • pilihan alternatif dari text data transfer biasa, dimana koneksi data ke server dilakukan tanpa pengamanan atau enkripsi.

Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) walupun bersifat digital biasanya disebut dengan istrilah sertifikat Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).

Biasanya hosting, domain, dan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) dapat miliki secara terpisah dengan membayar iuran berlangganan setiap tahun. Namun hal ini jadi merpotkan pengelola website, karena kalau dimiliki secara terpisah berarti hosting, domain, dan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) mempunyai perbedaan sehubungan dengan masa perpanjangan, ditambah lagi masing-masingnya mempunyai password yang berbeda-beda.

Mengatasi hal tersebut, maka saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan website yang menjadikannya atau menggabungkannya menjadi satu paket antara hosting, domain, dan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS), seperti: wordpress, domainesia.com, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cukup satu kali secara berkala melakukan pembayaran iuran berlangganan dan satu passoword saja untuk semuanya, baik itu hosting, domain, dan Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).

Biar anda tahu lebih banyak tentang membuat sebuah website, anda dapat langsung mencobanya sekarang, selamat mencoba!!!

Silahkan “klik” tautan di bawah ini untuk mencobanya. Ada paket free dan discount nya lho!!!

WordPress.com www.domainesia.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: