Aparatur

Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

polisi, POLRI, hukuman

Hukum Positif Indonesia-

Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan peraturan pelaksana dari Pasal 27 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa untuk membina persatuan dan kesatuan serta meningkatkan semangat kerja dan moril, diadakan peraturan disiplin anggota kepolisian negara Republik Indonesia yang diatur lebih lanjut dalam peraturan pemerintah.

Pengertian

Terlebih dahulu diuraikan pengertian-pengertian berkenaan dengan judul artikel sebagaimana tersebut di atas berdasarkan Pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah pegawai negeri pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selanjutnya yang dimaksud dengan disiplin adalah ketaatan dan kepatuhan yang sungguh-sungguh terhadap peraturan disiplin anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peraturan disiplin anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam ketentuan Pasal 1 angka 3 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah serangkaian norma untuk membina, menegakkan disiplin dan memelihara tata tertib kehidupan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pengertian lainnya yang perlu diketahui yaitu:

  1. Pelanggaran peraturan disiplin; adalah ucapan, tulisan, atau perbuatan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang melanggar peraturan disiplin.
  2. Tindakan disiplin; adalah serangkaian teguran lisan dan/atau tindak fisik yang membina, yang dijatuhkan secara langsung kepada anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  3. Hukuman disiplin; adalah hukuman yang dijatuhkan kepada anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah melakukan pelanggaran disiplin dengan menempatkan terhukum dalam tempat khusus.
  4. Sidang disiplin; adalah sidang untuk memeriksa dan memutus perkara pelanggaran disiplin yang dilakukan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Ankum; adalah atasan yang berwenang menghukum yang karena jabatannya diberi kewenangan menjatuhkan hukuman disiplin kepada bawahan yang dipimpinnya.

Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Kewajiban anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  2. Larangan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  3. Sanksi.
Pages: 1 2 3 4

Categories: Aparatur

Tagged as:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.