Perdagangan

Mengenal Pasar

Pasar-Perdagangan-Hukum Positif Indonesia
Photo by Immortal shots on Pexels.com

By: Rendra Topan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata “pasar”, pada artikel diuraikan mengenai hal-hal yang berkenaan dengan pasar, baik hal yang berkenaan dengan pengertian sampai syarat pendirian sebuah pasar.

Berdasarkan ketentuan Pasal 1 angka 2 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/12/2013 tentang Pedoman dan Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern disebutkan bahwa pasar adalah area temapat jual beli dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisonal, pertokoan, mall, plasa, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pasar terdiri dari beberapa jenis.

Jenis Pasar

Jenis pasar dapat dibedakan menjadi:

  1. Pasar tradisional; pasar tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah, pemerintah daerah, swasta, badan usaha milik negara dan badan usaha milik daerah termasuk kerja sama dengan tempat usaha berupa toko, kios, los dan tenda yang dimiliki/dikelola oleh pedagang kecil, menengah, swadaya masyarakat atau koperasi dengan usaha skala kecil, modal kecil dan dengan proses jual beli barang dagangan melalui tawar menawar.
  2. Pusat perbelanjaan; pusat perbelanjaan adalah suatu area tertentu yang terdiri dari satu atau beberapa bangunan yang didirikan secara vertikal maupun horisontal, yang dijual atau disewakan kepada pelaku usaha atau dikelola sendiri untuk melakukan kegiatan perdagangan barang.
  3. Toko modern; toko modern adalah toko dengan sistem pelayanan mandiri, menual barang secara eceran yang berbentuk minimarket, supermarket, department store, hypermart ataupun grosir yang berbentuk perkulakan.

Istilah pasar tradisional sebagaimana tersebut di atas, berdasarkan Pasal II ayat (1) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 56/M-DAG/PER/9/2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/12/2013 tentang Pedoman Penataan dan PEmbinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelnajaan dan Toko Modern diubah menjadi “pasar rakyat”.

Masing-masing jenis pasar sebagaimana tersebut di atas, mengenai ketentuan pendiriannya akan diuraikan secara terpisah pada artikel berikutnya. (RenTo)(031019)

Advertisements

Categories: Perdagangan

Tagged as:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.