Urusan Pemerintahan

Perdagangan

By: Rendra Topan

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui bidang perdagangan, maka pemerintah menerbitkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Pengertian Perdagangan menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, adalah tatanan kegiatan yang terkait dengan transaksi barang dan/atau jasa di dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan/atau jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi.

Asas Perdagangan

Asas pedagangan diatur dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan, yaitu:

  1. Kepentingan nasional; adalah setiap kebijakan perdagangan harus mengutamakan kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat di atas kepentingan lainnya.
  2. Kepastian hukum; adalah meletakkan hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai dasar dalam setiap kebijakan dan pengendalian di bidang perdagangan.
  3. Adil dan sehat; adalah adanya kesetaraan kesempatan dan kedudukan dalam kegiatan usaha antara produsen, pedagang, dan pelaku usaha lainnya untuk mewujudkan iklim usaha yang kondusif sehingga menjamin adanya kepastian dan kesempatan usaha yang sama.
  4. Keamanan berusaha; adalah adanya jaminan keamanan bagi seluruh pelaku usaha di setiap tahapan kegiatan perdagangan, mulai dari persiapan melakukan kegiatan perdagangan hingga pelaksanaan kegiatan perdagangan 
  5. Akuntabel dan tranpasran; adalah pelaksanaan kegiatan perdagangan harus dapat dipertanggungjawabkan dan terbuka kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  6. Kemandirian; adalah setiap kegiatan perdagangan dilakukan tanpa banyak bergantung pada pihak lain.
  7. Kemitraan; adalah adanya kerjasama dalam keterkaitan usaha di bidang perdagangan, baik langsung maupun tidak langsung, atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan yang melibatkan koperasi serta usaha mikro, kecil, dan menengah dengan usaha besar dan antara pemerintah dan swasta.
  8. Kemanfaatan; adalah seluruh pengaturan kebijakan dan pengendalian perdagangan harus bermanfaat bagi kepentingan nasional, khususnya dalam mewujudkan cita-cita kesejahteraan umum.
  9. Kesederhanaan; adalah memberikan kemudahan pelayanan kepada pelaku usaha serta kemudahan dalam memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.
  10. Kebersamaan; adalah penyelenggaraan perdagangan yang dilakukan secara bersama oleh pemerintah, pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat.
  11. Berwawasan lingkungan; adalah kebijakan perdagangan yang dilakukan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan  dan pembangunan yang berkelanjutan.
Advertisements

Tujuan Pengaturan Perdagangan

Asas perdagangan tersebut di atas guna mengatur kegiatan perdagangan yang bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
  2. Meningkatkan pengggunaan dan produk dalam negeri,
  3. Meningkatkan kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja.
  4. Menjamin kelancaran distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting.
  5. Meningkatkan fasilitas, sarana, dan prasarana perdagangan.
  6. Meningkatkan kemitraan antara usaha besar dan koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah, serta pemerintah dan swasta.
  7. Meningkatkan daya saing produk dan usaha nasional.
  8. Meningkatkan citra produk dalam negeri, akses pasar, dan ekspor nasional.
  9. Meningkatkan perdagangan produk berbasis ekonomi kreatif.
  10. Meningkatkan perlindungan konsumen.
  11. Meningkatkan penggunaan SNI.
  12. Meningkatkan perlindungan sumber daya alam.
  13. Meningkatkan pengawasan barang dan/atau jasa yang di perdagangkan.

Arikel ini merupakan sebagai pengantar untuk pokok-pokok bahasan berikutnya berkenaan dengan pengaturan dasar dalam lingkup perdagangan di Indonesia (RenTo)(200319)

Advertisements

Categories: Urusan Pemerintahan

Tagged as:

2 replies »

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.