Perkawinan

Pencegahan Perkawinan

ilustrasi google

By : Rendra Topan

Pencegahan perkawinan diatur dalam Pasal 13 – Pasal 21 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Berdasarkan undang-undang ini dinyatakan bahwa perkawinan dapat dicegah apabila ada orang yang tidak memenuhi syarat untuk melangsungkan perkawinan.

Perkawinan dapat dicegah oleh keluarga dalam garis keturunan lurus ke atas dan ke bawah, saudara, wali nikah, wali pengampu dari salah seorang pasangan calon mempelai dan pihak-pihak yang berkepentingan. Sebab-sebab pencegahan perkawinan adalah sebagai berikut :

  1. Salah satu pasangan calon mempelai berada di bawah pengampuan, sehingga perkawinan tersebut nyata-nyata mengakibatkan kesengsaraan bagi calon pasangan yang lain.
  2. Salah satu dari pasangan calon masih terikat perkawinan dengan pihak lain, maka pasangan yang terikat dengan perkawinan tersebut dapat mengajukan keberatan.
Advertisements

Tata cara melakukan pencegahan perkawinan adalah sebagi berikut :

  1. Permohonan pencegahan perkawinan diajukan kepada Pengadilan dimana perkawinan akan dilangsungkan.
  2. Mengenai permohonan pencegahan perkawinan disampaikan kepada para calon mempelai oleh pegawai pencata perkawinan.
  3. Permohonan pencegahan perkawinan dapat dicabut kembali melalui Putusan Pengadilan, atau oleh pihak yang mengajukan permohonan.

Perkawinan tidak dapat diselenggarakan selama permohonan pencegahan perkawinan belum dicabut dan sejauh syarat-syarat perkawinan seperti yang diatur dalam UU No. 1 Tahun 1974 tidak terpenuhi. Penolakan untuk diselenggarannya perkawinan disampaikan secara tertulis kepada para pihak oleh pegawai pencatat perkawinan.

Kedua calon mempelai dapat mengajukan keberatan terhadap penolakan tersebut dengan mengajukan permohonan ke Pengadilan setempat agar menetapkan perkawinan tersebut dapat dilangsungkan atau tidak dilangsungkan. (RenTo)(061018)

Artikel Terkait

Advertisements

Categories: Perkawinan

Tagged as:

3 replies »

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.