Mengenal Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Photo by Tom Fisk on Pexels.com

By : Rendra Topan

Untuk mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang menghasilkan limbah yang berbahaya dan beracun, pemerintah telah mengatur hal tersebut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tauhn 2014 tentang pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Dalam uraian ini disampaikan mengenai:

Pengertian Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) menurut Pasal 1 angka 1 Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan beracun adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hiudp manusia dan makhluk hidup lain.

Sedangkan pengertian limbah sendiri adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan.

Jadi limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah sisa dari suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Setiap orang yang melakukan kegiatan atau usaha yang menghasilkan limbah B3 diwajibkan untuk melakukan pengeloaan limbah B3 yang dihasilkannya.

Jenis Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Jenis dan macam limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dikelompokan menjadi dan terdiri atas:

  • Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) kategori 1.
  • Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Kategori 2

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) kategori 1.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) kategori 1 merupakan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang berdampak akut dan langsung terhadap manusia dan dapat dipastikan akan berdampak negatif terhadap lingkungan hidup.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Kategori 2

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) kategori 2 merupakan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), memiliki efek tunda (delayed effect), dan berdampak tidak langsung terhadap manusia dan lingkungan hidup serta memiliki toksisitas sub-kronis atau kronis.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Kategori 2, terdiri atas:

  • Limbah B3 dari sumber tidak spesifik; Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari sumber tidak spesifik merupakan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang pada umumnya bukan berasal dari proses utamanya, tetapi berasal dari kegiatan antara lain pemeliharaan alat, pencucian, pencegahan korosi atau inhibitor korosi, pelarutan kerak, dan pengemasan.
  • Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang tumpah, Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang tidak memenuhi spesifikasi produk yang akan dibuang, dan bekas kemasan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
  • Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari sumber yang spesifik; Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari sumber spesifik merupakan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sisa proses suatu industri atau kegiatan yang secara spesifik dapat ditentukan, meliputi;
    • Limbah B3 dari sumber spesifik umum;
    • Limbah B3 dari sumber spesifik khusus; adalah Limbah B3 yang memiliki efek tunda (delayed effect), berdampak tidak langsung terhadap manusia dan lingkungan hidup, memiliki karakteristik beracun tidak akut, dan dihasilkan dalam jumlah yang besar per satuan waktu.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang termasuk kategori 1 dan kategori 2 dijelaskan tersendiri dalam Lampiran I Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Karakteristik Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3)

Karakteristik limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), yaitu:

  1. Mudah meledak.
  2. Mudah menyala.
  3. Reaktif, infeksius.
  4. Korosif.
  5. Beracun.

Karakteristik limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) ini digunakan sebagai standar untuk menguji apakah limbah dimaksud termasuk ke dalam kategori 1 atau kategori 2 ataupun limbah non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). (RenTo)(300918)

rendratopan.com menerima kerja sama untuk publikasi semua bentuk tulisan ilmiah baik secara perorangan maupun institusi